Pages


  • Mereka sedang menanam bakau

Selasa, 14 Mei 2013

Jenis dan habitat hutan bakau

Jenis – Jenis Tanaman Bakau
        Jenis – jenis tanaman bakau yang biasa dijumpai di Indonesia , diantaranya :
1.    Bakau Minyak
 Memiliki nama ilmiah Rhizophora apiculata Bl. (atau sering pula disebut R. conjugata L.), bakau minyak juga disebut dengan nama bakau tandok, bakau akik, bakau kacang dan lain-lain. Ciri khasnya adalah warna kemerahan pada tangkai daun dan sisi bawah daun.
2.    Bakau Kurap
 
Nama ilmiahnya adalah Rhizophora mucronata Poir. Sering juga disebut dengan nama bakau betul . Kulit batangnya hitam, dan memecah datar.
Bakau kurap sering dijumpai di sekitar bakau minyak, namun jenis ini lebih mudah dijumpai dan toleran terhadap substrat yang lebih keras-berpasir ,  tergenang dalam di tanah kaya humus , serta jarang sekali didapati di tempat yang jauh dari pasang surut. Populasinya menyebar luas mulai dari Afrika timur, Madagaskar, Mauritania, Asia Tenggara, kepulauan Nusantara, Melanesia , Mikronesia dan Hawaii.
3.    Bakau Kecil
 
Nama ilmiahnya adalah Rhizophora stylosagriff . Bentuknya berupa pohon dengan satu atau banyak batang. Tidak seperti kebanyakan bakau lainnya yang dapat tumbuh mencapai 30 meter, bakau kecil hanya dapat tumbuh sampai dengan tinggi sekitar 10 m.  
Bakau ini menempati habitat yang paling beragam. Mulai dari lumpur, pasir sampai pecahan batu atau karang. Juga di tepi pantai hingga daratan yang mengering. Bakau kecil mudah dijumpai di tepian pulau yang berkarang. Populasinya menyebar di Taiwan, Filipina, Malaysia, Papua Nugini, dan Australia tropis. Di Indonesia didapati mulai dari Sumatra, Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa, Sumba, Sulawesi, Maluku dan Papua.
4.    Bakau Rizophora
          Tanaman bakau yang memiliki buah  panjang tetapi akarnya ada yang menusuk ke dalam tanah dan ada pula yang menjalar di permukaan tanah.

5.    Bakau Siapi – Api
Siapi-api, dinamakan begitu karena akar tanaman bakau yang satu ini menjulang ke atas permukaan tanah menyerupai api, selain itu walaupun berakar panjang tetapi buah tanaman ini hanya sebesar kacang mede dan memiliki rasa pahit, namun orang-orang di Pulau Jawa mengolah buahnya menjadi keripik siapi-api dengan merendam buahnya selama 2 hari dengan air garam untuk menghilangkan rasa pahitnya, sehingga keripiknya dapat membuat konsumen merasa senang untuk mengkonsumsinya.

 Habitat Tanaman Bakau
Bakau merupakan salah satu jenis pohon penyusun utama ekosistem hutan bakau.
Hutan bakau atau disebut juga hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau yang terletak pada garis pantai dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Baik di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan mulai mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu.
Di Indonesia, hutan-hutan mangrove yang luas terdapat di seputar Dangkalan Sunda yang relatif tenang dan merupakan tempat bermuara sungai-sungai besar. Yakni di pantai timur Sumatra, dan pantai barat serta selatan Kalimantan. Di pantai utara Jawa, hutan-hutan ini telah lama terkikis oleh kebutuhan penduduknya terhadap lahan. Sementara itu , di bagian timur Indonesia, di tepi Dangkalan Sahul, hutan-hutan mangrove yang masih baik terdapat di pantai barat daya Papua, terutama di sekitar Teluk Bintuni. Hutan Mangrove di Papua luasnya mencapai luas 1,3 juta ha, atau sekitar sepertiga dari luas hutan bakau di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar