Pages


  • Mereka sedang menanam bakau

Kamis, 16 Mei 2013

9 Keunggulan Hutan Mangrove Dari Jenis Hutan yang Lain

Tuhan menciptakan sesuatu pasti ada manfaatnya bagi makhluk hidup di muka bumi ini. Hutan mangrove memberikan kontribusi yang tak terhitung bagi organisme akuatik. Tumbuh di zona peralihan tidak membuat tumbuhan ini tidak bisa melanjutkan kelangsungan hidupnya. Akan tetapi tumbuhan ini memanfaatkan kesempatan ini sebagai kehebatan yang tidak dimiliki oleh tumbuhan tingkat tinggi lainnya. Inilah 9 keunggulan hutan mangrove versi BMC, diantaranya :
1. Hidup di habitat daratan dan air laut.
Mangrove tumbuh di bibir pantai dan merambah tumbuh menjorok ke zona laut, merupakan suatu ekosistem yang khas. Khas karena bertahan hidup di dua zona transisi antara daratan dan lautan, sementara tanaman lain tidak mampu bertahan.
2.Sebagai buffer (perisai alam) dan menstabilkan tanah dengan menangkap dan memerangkap endapan material dari darat yang terbawa air sungai dan yang kemudian terbawa ke tengah laut oleh arus.
3. Mempunyai toleransi besar terhadap kadar garam dan dapat berkembang di daratan bersalinitas tinggi di mana tanaman biasa tidak dapat tumbuh.

4. Menjadi produsen utama perikanan laut.
5. Penyambung dan penyeimbang ekosistem darat dan laut.
6. Daerah pemijahan (spawning grounds), daerah mencari makanan (feeding grounds) dan pembesaran (nursery grounds) berbagai jenis ikan, kerang dan spesies lainnya.
7. Memproduksi nutrien yang dapat menyuburkan perairan laut, membantu dalam perputaran karbon, nitrogen dan sulfur, serta perairan kaya akan nutrien baik nutrien organik maupun anorganik.

8. Bentuk perakaran yang special sehingga memberikan banyak nutrient bagi larva dan juvenil ikan.
9. Membantu dalam pengembangan dalam bidang sosial dan ekonomi masyarakat sekitar pantai dengan mensuplai benih untuk industri perikanan.

0 komentar:

Posting Komentar